Tips cara menghilangkan kerak gosong pada wajan

Game, Hacking, Kesehatan, Komputer, Pengetahuan, Tips, And Trik, Website, Rumah Tangga

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Tips cara menghilangkan kerak gosong pada wajan

Share on :

Menjaga panci terlihat baru bukan berarti Anda tidak memakai panci yang sudah dibeli sampai kapanpun. Pakailah panci atau wajan serbaguna Anda, tetapi dengan cara yang tepat dan pembersihan yang benar, jadi kilapnya terjaga.

Lupa pada saat memasak atau meninggalkan panci di atas kompor terlalu lama hingga gosong bagian bawahnya. Dan terlihat seperti tidak mungkin dibersihkan lagi, tapi sebenarnya Anda masih bisa membersihkannya.


isa makanan yang menempel pada peralatan masak karena gosong terkadang sulit dibersihkan. Mencongkelnya dengan pisau justru akan merusak lapisan wajan atau panci tersebut. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara  :


Langkah 1: kumpulkan bahan-bahan pembersih

Tidak perlu banyak bahan pembersih untuk mencuci panci gosong. Ambil secangkir cuka putih, beberapa sendok makan baking soda, dan tentunya, air mengalir. Jangan lupakan spons dua sisi untuk membantu meluruhkan permukaan panci dan juga kompor.

Langkah 2: pembersihan dimulai
Isi panci atau wajan dengan air. Jumlah air yang Anda gunakan akan bervariasi, tergantung kedalaman panci dan kerak gosong yang melekat. Yang pasti, usahakan tinggi air berada di atau dekat dengan ketinggian noda sehingga masih ada cukup ruang untuk penambahan cuka dan baking soda.
Tambahkan secangkir cuka ke panci, sesuaikan jumlahnya dengan kedalaman panci dan noda gosong. Untuk kerak gosong yang lebih besar, Anda tentu membutuhkan lebih banyak cuka, dan sebaliknya.
Tempatkan panci atau wajan di atas kompor lalu biarkan mendidih. Dengan cara ini, Anda tidak perlu waktu lama untuk mulai melihat perbedaan lepasnya kerak gosong dari wajan atau panci.

Langkah 3: campurkan bahan lain
Angkat panci atau wajan dari kompor dan matikan kompor. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan baking soda ke dalam panci atau wajan hingga membentuk gelembung. Biarkan larutan ini melakukan tugasnya selama beberapa menit sebelum Anda mulai menggosok noda dari panci.

Langkah 4: gosok hingga luruh
Gosokkan panci atau wajan dengan sisi abrasif spons. Noda ini akan luruh dengan mudah selama 30 sampai 45 detik. Jika keraknya masih menempel, taburi kembali dengan sedikit baking soda kering di atas noda untuk membantu mengelupasnya. Bila sudah bersih, bilas wajan dan panci. Kini, alat masak ini terlihat seperti baru!

Semoga bermanfaat, salam sukses.

1 komentar:

Anonim mengatakan... 30 Januari 2016 pukul 15.13

penting bgt tipsnya
www.peluangproperti.com

Post a Comment and Don't Spam!

 

Cs Support

Link Sahabat

About this blog